Hikmah Dari Pelakasanaan Hukuman Qisas Yaitu Untuk..............

Hikmah Dari Pelakasanaan Hukuman Qisas Yaitu


"Apa itu Hikmah Dari Pelakasanaan Hukuman Qisas? Hukuman Qisas yaitu salah satu bentuk hukuman dalam Islam yang diberlakukan agar keadilan bisa ditegakkan bagi korban maupun keluarganya."


Hikmah Dari Pelakasanaan Hukuman Qisas - Adapun hukuman Qisas diberlakukan pada kasus korban pembunuhan, kekerasan fisik atau luka-luka serius. Nah dengan adanya hukuman Qisas banyak hikmah yang bisa dipetik, Diantaranya:


1. Menegakkan Keadilan

Sebenarnya semua jenis hukuman sama saja, namun berbeda dengan Hukuman Qisas. Dimana Hukuman Qisas memberlakukan hukuman sesuai tindak kriminal yang dilakukan, dengan begitu hukum terasa adil ditegakkan kepada pelakunya.


2. Pencegahan Tindak Kriminal

Seperti yang sudah kita singgung diatas, bahwa hukuman Qisas memberlakukan hukuman yang setimpal dengan apa yang dilakukan jadi orang-orang akan berpikir dua kali saat akan bertindak kejahatan.


3. Mengajarkan Nilai Kepedulian

Mengapa demikian, masyarakat diajarkan untuk peduli kepada sesama serta agar lebih berhati-hati saat bertindak. Selain itu juga tidak melukai perasaan orang lain yang nantinya bisa memicu tindak kejahatan.


4. Mencegah Balas Dendam

Setelah menegakkan hukuman Qisas, maka korban atau pihak keluarga tidak lagi memiliki rasa ingin balas dendam. Dimana Hukuman tersebut sudah setimpal untuk pelakunya.


5. Meneguhkan Norma-Norma Sosial

Lewat Hukuman Qisas, akan menumbuhkan kepedulian terhadap norma-norma sosial yang telah ada. Pelaku kejahatan juga akan mendapatkan saksi seusai norma-norma sosial yang berlaku jadi mereka akan merasa aman dan tentram.


Itulah Ulasan singkat mengenai Hikmah dari Pelaksanaan Hukuman Qisas yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat ya!!


Baca Juga: Koperasi Unit Desa Mandiri Mempunyai Dua Gudang Beras


FAQ Tentang Hukuman Qisas 


Apa itu Hukuman Qisas?

Hukuman Qisas yaitu hukuman dalam Islam dengan balasan langsung kepada pelaku kejahatan pada kasus kriminal seperti pembunuhan, luka-luka serius serta kekerasan fisik.


Bagaimana Proses Pelaksanaan Hukuman Qisas?

Proses hukuman tetap melibatkan pengadilan yang akan menentukan pelaku bersalah atau tidak, selanjutnya hukuman diberikan sesuai hukum Islam.