Manfaat Tes Kebugaran Jasmani Adalah?

Manfaat Tes Kebugaran Jasmani Adalah?


" Saya mau Tes CPNS 2024, Lalu diminta untuk Tes Kebugaran Jasmani. Apa itu Tes Kebugaran? Apa saja yang dilakukan saat Tes Kebugaran? Lalu apa pula Manfaat Tes Kebugaran Jasmani?"


Manfaat Tes Kebugaran Jasmani - Sebelum mengetahui manfaatnya, sudahkah kalian tahu Apa itu Tes Kebugaran Jasmani? Tes Kebugaran Jasmani Adalah serangkaian tes dasar untuk mengetahui sejauh mana kekuatan serta ketahanan fisik seseorang. Selain itu, tes ini juga dapat mengetahui penggunaan oksigen oleh tubuh.


Manfaat Tes Kebugaran Jasmani bagi Tubuh


Ada beberapa manfaat yang bisa diketahui dari Tes Kebugaran Jasmani bagi Tubuh, diantaranya:

  1. Digunakan untuk menilai seberapa bagus kebugaran seseorang.
  2. Digunakan untuk mencegah dan bahkan mengobati penyakit-penyakit yang menyebabkan pudarnya kesehatan karena gaya hidup tidak sehat maupun faktor usia.
  3. Digunakan untuk melatih ketahanan fisik sehingga bagus untuk kesehatan paru-paru dan jantung.
  4. Dapat digunakan untuk mencegah Obesitas.


Salah satu fungsi Tes Kebugaran yaitu untuk mengukur volume seseorang dalam mengkonsumsi oksigen saat latihan beserta kapasitas maksimal (VO2 Maks). Apa itu VO2 Maks? VO2 Maks adalah Oksigen maksimal yang terpakai oleh tubuh saat melakukan aktivitas yang intensif. VO2 Maks diukur dalam satuan liter per menit (milimeter/menit/kgBB).


Baca Juga: 3 Cara Cetak Sendiri Kartu BPJS Kesehatan Tanpa ke Cabang


FAQ Tentang Manfaat Tes Kebugaran Jasmani 


Apa itu Tes Kebugaran Jasmani?

Tes kebugaran adalah serangkaian tes yang dilakukan untuk mengetahui ketahanan fisik seseorang.


Tes Kebugaran Jasmani Biasanya dilakukan dimana Saja?

Saat ini banyak sekali instansi yang menerapkan Tes Kebugaran Jasmani sebagai tes dasar yang diharuskan. Misalnya saat mengikuti Tes CPNS, Saat Hendak Berangkat Haji, Saat Tes Karyawan dan masih banyak lainnya.