Pengembangan Produk Kerajinan Hiasan untuk Pasar Lokal adalah Menentukan Target Pasar

Pengembangan Produk Kerajinan Hiasan untuk Pasar Lokal adalah


"Pengembangan produk kerajinan hiasan untuk pasar lokal adalah dengan menentukan target pasar, produk yang unik dan menarik, serta promosi ke target pasar yang tepat."


Produk Kerajinan Hiasan Pasar Lokal - Saat ini produk kerajinan di berbagai daerah Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Tidak hanya aspek fungsional saja, namun juga menambahkan aspek keindahan. Itulah alasan kenapa produk kerajinan hiasan bisa terus berkembang pesat hingga saat ini.


Banyak sekali jenis produk kerajinan hiasan yang ditemukan di pasar lokal, diantaranya: hiasan kayu motif, guci, dompet, tas, vas bunga, bunga artificial, perabotan rumah tangga, lukisan, dan masih banyak lainnya.


Cara Pengembangan Produk Kerajinan Hiasan untuk Pasar Lokal


Ada beberapa Cara untuk mengembangkan produk kerajinan hiasan untuk pasar lokal, nah buat Anda yang sedang menjalani bisnis ini sebaiknya pelajari tips di bawah ini:


A. Menentukan Target Pasar


Sebelum memulai bisnis Anda, tentu saja langkah pertama yang perlu diperhatikan adalah menentukan target pasar. Maksudnya: 

  1. Kemana produk Anda akan dipasarkan?
  2. Apakah produk tersebut bakal laku dipasaran?
  3. Apakah harga produk Anda dapat bersaing dipasaran?


Itulah point penting untuk menentukan target pasar.


B. Buatlah Produk Kerajinan Hiasan yang Unik (Beda Dari Lain)


Apa yang dimaksud Produk kerajinan yang unik? Produk Unik adalah:

  1. Produk Anda menarik atau bahkan lebih menarik dari pada produk serupa.
  2. Kerajinan yang Anda buat beda dari yang lain (belum pernah ada sebelumnya).
  3. Selain lebih menarik, produk Anda sebaiknya juga dibandrol dengan Harga yang lebih murah. Intinya biarpun untung cuma sedikit tapi tetap bertahan dalam jangka waktu panjang.


C. Lakukan Promosi Sesuai Target Pasar


Setelah dua point diatas menentukan target pasar dan kerajinan yang unik, ada satu lagi point yang sangat penting yakni promosi sesuai target pasar. Diantaranya:

  1. Rasanya akan percuma bila produk Anda berkualitas bagus serta unik namun tidak dipasarkan tentu saja tidak ada orang yang tahu dengan produk Anda bukan?
  2. Promosi lah ke target yang tepat, Kenapa: Misalnya saja Produk Anda adalah Tas Wanita tapi Anda melakukan promosi ke tempat GYM. Tentu saja percuma bukan? Karena disana kebanyakan laki-laki.
  3. Promosi produk Anda bisa melalui media sosial, marketplace, brosur, door to door, dan lain sebagainya.


Itulah Beberapa Tips yang perlu diperhatikan untuk mengembangkan produk kerajinan hiasan untuk pasar lokal bahkan ekspor (luar negeri).


Baca Juga:

Lupa Screenshot Pembelian Token Listrik di OCTO Clicks?


FAQ Tentang Pengembangan Produk Kerajinan Hiasan untuk Pasar Lokal adalah


Kemana Kita harus Melakukan Promosi Produk?

Pastikan promosi dilakukan ke target yang tepat. Jika salah target pasti tidak akan maksimal hasilnya.


Bagaimana Cara Buat Produk Lebih Laku?

Agar produk kerajinan hiasan Anda lebih dilirik konsumen tentu saja produk Anda harus lebih menarik, unik dibandingkan produk lainnya.