Prinsip Prinsip Demokrasi Yang Berlaku Universal Mencakup?

Prinsip-prinsip demokrasi yang berlaku universal yaitu mencakup


"Prinsip-prinsip demokrasi yang berlaku universal yaitu mencakup sejumlah aspek penting dari sistem pemerintahan. Sedangkan Demokrasi adalah sistem pemerintahan dimana rakyat menjadi pembuat keputusan."


Prinsip Prinsip Demokrasi - Saat ini negara tercinta Indonesia sudah menerapkan Sistem Pemerintahan yang Demokrasi. Dimana rakyat yang memilih dan mengambil keputusan secara penuh. Adapun Prinsip Prinsip Demokrasi Yang Berlaku Universal Yaitu Mencakup beberapa aspek dibawah ini:


1. Kedaulatan Rakyat


Prinsip Demokrasi yang utama yaitu Kedaulatan Rakyat.  Artinya, kekuasaan politik dalam negara berasal dari rakyat, bukan dari suatu kelompok atau individu. Dimana rakyat memiliki hak penuh secara langsung untuk memilih pemimpin mereka.


2. Perlindungan Hak Asasi Manusia


Prinsip yang kedua adalah Perlindungan hak asasi manusia. Artinya pemerintah diharapkan untuk melindungi hak-hak dasar setiap individu, diantaranya hak atas kebebasan berpendapat, hak untuk memperoleh pendidikan, kebebasan berserikat, dan lain-lain. 


3. Sistem Pengadilan Independen


Prinsip demokrasi satu ini juga tidak kalah penting , Sistem Pengadilan Independen di bentuk untuk memastikan bahwa setiap orang memiliki akses yang sama ke sistem peradilan. Artinya sistem peradilan tidak bisa dipengaruhi oleh kepentingan ekonomi maupun politik dan rakyat mempunyai perlindungan hukum yang adil tidak terkecuali.


4. Keterbukaan dan Transparansi


Keterbukaan dan transparansi merupakan bagian dari sistem Demokrasi. Artinya Setiap warga negara memiliki hak untuk memperoleh informasi yang jujur serta jelas tentang kebijakan pemerintah. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir praktek penyalahgunaan kekuasaan dan korupsi.


5. Hukum yang Berlaku untuk Semua dan Tak Terkecuali 


Sistem Demokrasi memiliki hukum ynag berlaku kesemua warga negara. Artinya hukum bisa ditegakkan untuk semua warga negara tanpa ada pengecualian dari hukum, termasuk pejabat pemerintah. Jadi hukum bisa berlaku untuk semua kalangan, tanpa pandang bulu, tanpa terkecuali dan harus tunduk pada hukum.


Itulah Prinsip prinsip Dasar yang Berlaku Universal, mohon maaf bila ada kekeliruan pada artikel diatas. Silakan koreksi, kritik atau saran di komentar.


Baca Juga:

Salah Satu Bentuk Kerjasama Ekonomi Asean Adalah? Lihat Disini!!


FAQ tentang Prinsip prinsip Dasar yang Berlaku Universal


Apa Itu Demokrasi?

Demokrasi adalah sistem pemerintahan yang menjadikan rakyat sebagai pembuat keputusan dalam memilih pemimpin.


Mengapa prinsip-prinsip demokrasi sangatlah penting?

Tentu saja, karena Prinsip-prinsip demokrasi menjadi suatu landasan untuk membangun masyarakat yang adil dan inklusif. Prinsip demokrasi juga akan memastikan bahwa kekuasaan politik tidak disalahgunakan, hak asasi manusia dilindungi, dan penegakan hukum yang adil.