Salah Satu Bentuk Kerjasama Ekonomi Asean Adalah? Lihat Disini!!

Salah satu bentuk kerjasama ekonomi ASEAN adalah terbukanya kesempatan


" Salah satu bentuk kerjasama ekonomi ASEAN adalah terbukanya kesempatan dalam berbagai bidang. Untuk negara-negara ASEAN akan merasakan manfaat yang besar, misalnya saling bertukar produk, informasi, sumber daya manusia maupun teknologi. Tentu saja semua ini dimaksudkan guna mempercepat pertumbuhan ekonomi di kawasan ASEAN"


Kerjasama Ekonomi ASEAN - Kerjasama ekonomi di wilayah ASEAN sebenarnya dimulai sudah sejak lama, tepatnya tahun 1976 dengan penandatanganan Treaty of Amity and Cooperation (TAC). Kemudian di tahun 1992, ASEAN Free Trade Area (AFTA) dibentuk untuk membuat pasar bebas di wilayah ASEAN. Selanjutnya pada tahun 2007, ASEAN Economic Community (AEC) diciptakan agar  kawasan ekonomi menjadi kompetitif dan terintegrasi.


Dalam kerjasama ekonomi ASEAN, terbukanya kesempatan menjadi salah satu poin penting. Mulai dari terbukanya kesempatan di bidang pendidikan, investasi, pariwisata serta perdagangan.


1. Terbukanya Kesempatan di Bidang Pendidikan


Cepat tidaknya Kemajuan suatu negara tentu sangat dipengaruhi dari Bidang Pendidikan, karena nantinya cikal bakal pelajar lah yang akan membangun suatu negara ke arah yang lebih baik. Untuk itu program pertukaran pelajar menjadi salah satu prioritas dari Visi Misi ASEAN.


2. Terbukanya Kesempatan dalam Investasi


Terbukanya kesempatan yang kedua adalah Kesempatan bagi para investor agar bisa berinvetasi di negara-negara di wilayah ASEAN. Adanya perlindungan hukum yang baik serta Integrasi Pasar modal, tentu membuat investor lebih yakin dalam menanam modalnya di negara tersebut.


3. Terbukanya Kesempatan dalam Pariwisata


Satu lagi Manfaat Kerjasama ekonomi ASEAN adalah terbukanya kesempatan untuk negara-negara anggota ASEAN dalam menawarkan potensi wisata mereka. Tentu saja akan berdampak sangat positif untuk pertumbuhan ekonomi di sektor pariwisata.


4. Terbukanya Kesempatan dalam Perdagangan


Dari keempat Manfaat Kerjasama Ekonomi ASEAN, mungkin satu ini yang paling teras saat ini dimana perjanjian perdagangan bebas antar negara di wilayah ASEAN. Hal ini tentu akan membuat para produsen serta eksportir lebih luas lagi menjangkau pasaran.


Itulah berbagai manfaat kerjasama ekonomi ASEAN yan tentu saja menawarkan peluang bagi negara - negara anggota. Dengan lebih terbukanya Kesempatan di berbagai sektor, seperti perdagangan, investasi, pariwisata, dan pendidikan.


Baca Juga: Koperasi Unit Desa Mandiri Mempunyai Dua Gudang Beras


FAQ Tentang Salah Satu Bentuk Kerjasama Ekonomi Asean


Salah Satu Bentuk Kerjasama Ekonomi Asean Adalah Terbukanya kesempatan?

Terbukanya Kesempatan di berbagai sektor baik itu sektor pariwisata, perdagangan, pendidikan serta investasi.


Apakah Perdagangan Bebas Juga Salah Satu Bentuk Kerjasama ASEAN?

Tentu saja, perdagangan bebas merupakan salah satu prioritas negara-negara ASEAN guna menawarkan produknya ke pasaran yang lebih luas.